Harry Potter - Empty Caldron

Jumat, 18 November 2016

1. Ubi Nuabosi


Makanan yang satu ini berasal dari Ende, Ubi Noubosi merupakan sejenis umbi-umbian yang dapat dioleh dengan berbagai macam seperti direbus, digoreng atau dibakar. Masyarakat sana biasanya menyantapnya dengan ikan asin dan sambal goreng, ubi nuabosi sebagai pengganti nasi Karena sama-sama mengandung karbohidrat yang cukup baik. 
2. Kena kita

Ini bukan suatu ungkapan, tetapi nama suatu makanan yang berasal dari Pulau Palue. Kena Kita sejenis dengan bubur yang dicampur dengan ubi-ubian dan kacang-kacangan, hidangan ini juga sebagai pengganti nasi. Untuk dapat menikmati menu hidangan ini agar lebih nikmat, biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut diatasnya, dan paling nikmat ditambahkan dengan cabai rawit sehingga terasa pedas
3. Kue Rambut atau Jawada

Jenis kudapan yang satu ini berasal dari Lamaholot, yang memiliki rasa gurih, krispi dan yang pasti enak. Biasanya disajikan untuk acara-acara resmi kenegaraan mapun upacara adat serta keagamaan. Kue yang satu ini terbuat dari campuran tepung beras, gula palem, nira, garam dan air. Diolah dengan cara digoreng dengan minyak panas
4. Tongkol Bakar

Terbuat dari Ikan Tongkol yang diolah dengan cara dibakar, disajikan dengan kuah santan. Kuliner yang satu ini berasal dari Ende, agar hasilnya sempurna diberikan rempah-rempah khas Ende yang dapat dinikmati dalam keadaan panas atau hangat disajikan untuk waktu makan siang. Mantap!
5. Se’I atau Daging Asap

Diolah dengan cara diasapkan dengan kayu bakar, untuk memasak kuliner ini dibutuhkan waktu yang cukup lama. Karena daging tersebut dimasak dengan kayu bakar yang jauh, sehingga bukan dengan lidah api yang mematangkan masakan tersebut melainkan asap panas. Biasanya daging yang digunakan untuk hidangan yang satu ini adalah daging sapi dan daging babi bahkan akhir-akhir ini juga menggunakan daging ikan. Usai diasapkan daging tersebut sudah dapat dinikmati dengan cara diiris tipis, atau apabila ingin disimpan beberapa hari daging tersbut harus digoreng kembali atau dimasak dalam tumisan bunga papaya dan sayur-sayuran lainnya. 
6. Jagung Catemak

Makanan khas Nusa Tenggara Timur yang merupakan hidangan penutup terbuat dari Jagung, Labu Lilin dan Kacang hijau yang dimasak dengan bumbu khas Indonesia. Jagung Catemak memiliki bentuk seperti kolak namun rasanya asin tidak manis. 
7. Minum Moke

Ini merupakan minuman khas orang Flores yang terdiri dari Moke Putih dan Hitam. Moke putih merupakan nira hasil sadapan dari pohon lontar atau buah enau, memiliki rasa yang manis. sedangkan Moke Hitam tidak memiliki warna hitam yang sesungguhnya namun berwarna putih dan agak kuning. Moke hitam merupakan hasil penyulingan dari moke putih, biasanya minuman ini disajikan pada saat acara tertentu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar